Bahan PTS IPA-Biologi Semester 1 Kelas 7

"Tantangan adalah hal yang membuat hidup menarik. Mengatasinya itu yang membuat hidup lebih bermakna" 




Salam sukses untuk anak-anak hebat dan keren!!!
Berikut Bapak sampaikan beberapa bahan belajar untuk Penilaian Tengah Semester (PTS) IPA Biologi Kelas 7.
1. Materi Gejala Alam Biotik dan Abiotik dan Metode Ilmiah

IPA atau Ilmu Pengetahuan Alam adalah Ilmu yang mengkaji tentang gejala-gejala alam. Berdasarkan sumbernya, Gejala-gejala alam tersebut dapat dibedakan menjadi 2 yaitu gejala alam biotik dan gejala alam biotik. Apa itu gejala alam biotik dan abiotik? Apa saja contoh gejala alam biotik dan abiotik yang dapat kita amati di sekitar lingkungan kita?
Gejala Alam Biotik
Gejala alam biotik adalah gejala alam berupa peristiwa yang timbul akibat interaksi antar komponen biotik (mahluk hidup) dalam ekosistem. Kita dapat menemukan contoh gejala alam biotik di lingkungan sekitar kita. Beberapa di antaranya antara lain hewan-hewan bergerak, pohon bertumbuh tinggi, manusia bernapas, dan banyak lagi.
Gejala Alam Abiotik
Gejala alam abiotik adalah gejala alam berupa peristiwa yang timbul akibat interaksi antar komponen abiotik dalam ekosistem. Peranan lingkungan biotik dalam mempengaruhi timbulnya gejala alam abiotik bisa dikatakan hampir tidak ada. Kita dapat menemukan banyak contoh gejala alam abiotik di sekitar lingkungan kita. Beberapa di antaranya antara lain terjadinya gunung meletus, tsunami, hujan, kemarau, dan terjadinya angin.

Pengamatan gejala alam tersebut dilakukan dengan menggunakan metode ilmiah.Metode Ilmiah adalah Cara-cara sistematis untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahn yang ditemui oleh para peneliti. Metode ilmiah meliputi langkah-langkah berikut ini:


2. Materi Alat-alat Laboratorium dan Mikroskop
   
Untuk Mikroskop bisa cek disini ya, Bagian Mikroskop dan fungsinya
3. Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup
4. Materi Klasifikasi Makhluk Hidup 5 kingdom
5. Latihan Soal PTS

Demikian, semoga hasil PTS nya bagus-bagus ya!
Salam Sukses.


"Tujuanku bukanlah jadi lebih baik dari yang lain. Tapi jadi lebih baik dari diriku yang sebelumnya"


0 Komentar