Tips Belajar Biologi




Salam Pembelajaran,..
Kali ini, saya ingin memberikan sedikit (yang berarti gak banyak) tips buat adek-adek yang sedang belajar biologi. Banyak anak-anak yang bilang, katanya biologi itu susah, biologi itu menyebalkan, biologi itu membosankan, biologi itu,.. (isi sendiri deh ^^).  Yang pada intinya anak-anak banyak yang gak suka belajar biologi. Kenapa?,.. Banyak Alasan seperti biologi itu susah, emang iya?, biologi itu banyak hafalan, emang iya? yang ini iya kali y,. Biologi itu banyak banget  materinya, dan lain-lain deh. Nah karena itu, kayaknya kita perlu sedikit mempersiapkan diri dengan tips berikut biar lebih mudah belajar biologi. Ini dia tipsnya:
1. Buat Gambaran Besar Materi yang akan dipelajari (Big Picture).
Awal belajar biologi, abaikan detailnya aja dulu. Jangan mumet mikirin informasi detail seperti nama-nama spesies contoh. Gimana caranya membuat big picture?? Salah satunya yang paling gampang, bikin peta konsep materi bab yang akan dipelajari.
            Ini contohnya:


2. Step by Step kalau lagi belajar.
Belajar apapun gak hanya biologi, belajar itu perlu BERTAHAP, jangan kebut-kebutan kalau belajar alias dilahap semua materinya. Kalau mau coba belajar kayak gituh, dijamin pasti pening tuh otak. Jadi belajarlah step by step.
3. Cari Pola Materi.
                Maksudnya gini, Kalau kita belajar biologi ada beberapa tema besar seperti Taksonomi (belajar tentang klasifikasi), Anatomi dan Fisiologi (belajar tentang susunan organ dan fungsinya), Sel, Genetika dan sebagainya. Nah Tema besar itu punya pola konsep yang berkecenderungan sama. Misalnya, dalam belajar klasifikasi, semua pola konsepnya berhubungan dengan ciri-ciri umum yang sama apa yang membuat pengelompokannya sama.


(bersambung dulu y)

0 Komentar