Biologi ???

Di SMP atau SMA kita akan menemukan pelajaran yang namanya pelajaran biologi. Apa itu, Kita akan sedikit diskusi tentang ini.
 
Apa  yang dipelajari di Biologi?
Biologi atau ilmu hayat adalah ilmu yang mempelajari tentang makhluk hidup. Istilah "biologi" dipinjam dari bahasa Belanda, biologie, yang juga diturunkan dari gabungan kata bahasa Yunani, bios ("hidup") dan ,logos ("lambang", "ilmu"). Istilah "ilmu hayat" dipinjam dari bahasa Arab, juga berarti "ilmu kehidupan". Obyek kajian biologi pada masa kini sangat luas dan mencakup semua makhluk hidup dalam berbagai aspek kehidupannya.
Berbagai cabang biologi mengkhususkan diri pada setiap kelompok organisme, seperti botani (ilmu tentang tumbuhan), zoologi (ilmu tentang hewan), dan  mikrobiologi (ilmu tentang jasad renik). Perbedaan-perbedaan dan pengelompokan berdasarkan ciri-ciri fisik kelompok organisme dipelajari dalam  sistematika, yang di dalamnya mencakup pula taksonomi dan paleobiologi.
Berbagai aspek kehidupan dikaji pula dalam biologi. Ciri-ciri fisik bagian tubuh dipelajari dalam anatomi dan morfologi, sementara fungsinya dipelajari dalam fisiologi. Perilaku hewan dipelajari dalam etologi. Perkembangan ciri fisik makhluk hidup dalam  kurun waktu panjang dipelajari dalam  evolusi, sedangkan pertumbuhan dan perkembangan dalam siklus kehidupan dipelajari dalam  biologi  perkembangan. Interaksi antar sesama makhluk dan dengan alam sekitar mereka dipelajari dalam ekologi; Mekanisme pewarisan sifat—yang berguna dalam  upaya  menjaga kelangsungan hidup suatu jenis makhluk hidup—dipelajari dalam  genetika.
Saat ini bahkan berkembang aspek biologi yang mengkaji kemungkinan berevolusinya makhluk hidup pada masa yang akan datang, juga kemungkinan adanya makhluk hidup di planet-planet selain bumi, yaitu astrobiologi. Sementara itu, perkembangan teknologi memungkinkan pengkajian pada tingkat molekul penyusun organisme melalui biologi molekular serta biokimia, yang banyak didukung oleh perkembangan teknik komputasi melalui bidang bioinformatika.
Ilmu biologi banyak berkembang pada abad ke-19, dengan ilmuwan menemukan bahwa organisme memiliki karakteristik pokok. Biologi kini merupakan subyek pelajaran sekolah dan universitas di seluruh dunia, dengan lebih dari jutaan makalah dibuat setiap tahun dalam susunan luas jurnal biologi dan kedokteran.
So, Why do we have to study biology?
Kenapa kita  (yang lagi belajar di sekolah terutama) kudu belajar biologi?
Sederhananya, selain buat lulus ulangan atau ujian disekolah ^^ yang LEBIH PENTING, pembelajaran biologi IPA disekolah diharapkan mampu:
  • Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya (ini bahasa kurikulumnya)
Artinya, belajar biologi harusnya mampu dihayati untuk meningkatkan keyakinan kita tentang keMahakuasaan Allah sebagai Pencipta Alam Semesta. Kenapa? Karena di biologi kita belajar tentang makhluk hidup dan aspek luarbiasa didalamnya, mengingatkan kita, kita itu lemah, so kita bertambah syukur kepadaNya. Perilaku syukur tercermin dengan bertambahnya ketaatan kita terhadap ajaran agama.
  • Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (toleransi, gotongroyong), santun, percaya diri, dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya

Sederhananya, IPA (Science) merupakan kumpulan fakta dan konsep yang diperoleh lewat serangkaian proses yang membutuhkan perilaku-perilaku terbaik seperti diatas. Jadi dengan belajar IPA diharapkan terbentuk perilaku seperti diatas.

  • Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

Setelah belajar Biologi-IPA (science) diharapkan kita bisa mengaplikasikan fakta dan konsep yang telah dipelajari dalam kehidupan sehari-hari

  • ·Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan,mengurai,merangkai,memodifikasi,dan membuat) dan ranahabstrak (menulis,membaca, menghitung, menggambar,dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
Nah itu dia beberapa alasan kenapa ada yang namanya pelajaran biologi. Intinya biologi ada didekat kita karena kita sendiri adalah makhluk hidup.
 
The last,
Biology is the study of the way of life. We need to study biology to understand the way of life and how we interact with our environments, as well as how other organisms do so. Studying biology makes us more aware of the world around us. Without it, we wouldn't understand the basic aspects of life.

0 Komentar